KONSEP DASAR SAMPLING

Image
Kenapa kita harus mengunakan sampel, kenapa tidak dilakukan sensus saja? mungkin sudah banyak pertanyaan tersebut yang kita dengar dari setiap orang/responden dari survei kita. pertimbangan kenapa mengunakan sampel adalah pertimbangan praktis -> supaya hemat waktu, biaya dan tenaga. sering kali tidak mungkin untuk melakukan pengamatan kepada seluruh populasi. manajemen proyek/survei lebih gampang. karena mudah dalam proses pengawasan dan perbaikan. sebelumnya kita harus paham terlebih dahulu konsep dan definisi dari sampling itu sendiri. Sampling adalah suatu proses yang dilakukan untuk memilih dan mengambil sampel secara benar dari suatu populasi sehingga sampel tersebut dapat mewakili populasinya. Keuntungan dari sampel Menghemat biaya dan tenaga. Mempercepat hasil survei. waktu tidak terlalu lama sehingga data tidak usang atau memperkecil perbedaan respon awal dengan respon akhir akibat suatu kejadian, gosip dan sebagainya. cakupan materi lebih besat dan dap

Peluang

Dalam mempelajari ilmu statistik pada dasarnya perhatian kita ditujukan pada penyajian dan penafsiran dari hasil yang berkemungkinan yang terjadi pada penelitian yang dirancang atau penelitian imiah.

1.1 Ruang Sampel

      Himpunan semua hasil yang mungkin dari suatu percobaan statistik dikataka sebagai ruang sampekdan dinyatakan dengan lambang T.

Contoh.
Suatu percobaan pelemparan sebuah dadu, bila yang diamati adalah nomor dadu yang muncul di sebelah atas, maka ruang sampelnya

T1 = {1,2,3,4,5,6}

Bila yang ingin diamati adalah nomor genap atau ganjil yang muncul, mak ruang sampelnya

T = {ganjil, genap}


1.2 Kejadian

      Suatu kejadian adalah himpunan bagian dari ruang sampel.

Contoh.
Bila diketahui ruang sampel T = { t | t > 0}, di sini t menyatakan usia dalam tahun suatu mesin produksi, maka kejadi A bahwa mesin akan rusak setelah beremur 5 tahun adalah himpunan bagian A = { t  | t  > 5 }.


1.3 Menghitung titik sampel

Salah saru masalah yang harus dihadapi dan dicoba diberi nilai oleh statistikawan ialah unsur kemungkinan yang berkaitan dengan munculnya kejadian tertentu bila suatupercobaan dilakukan.

INGAT
Bila suatu operasi dapat dilakukan dengan n1 cara, dan bila untuk cara ini operasi kedua dapat dkerjakan dengan n2 cara, maka kedua operasi itu dapat dikerjakan bersama-sama dengan n1 x n2 cara.

Contoh.
Berapa banyak titik sampel dalam ruang sampel bila sepasang dadu dilemparkan sekali?

Dadu pertama dapat menghasilkan salah satu dari n1 = 6 posisi. Untuk tiap posisi tersebut dadu kedua dapat menghasilkan n2 = 6 posisi. jadi, pasangan dadu itu dapat menghasilkan n1 x n2 = 6 x 6 = 36 posisi.

Comments

Popular posts from this blog

KONSEP DASAR SAMPLING

Konsep Dan Definis Rumah Tangga

Statistik Nonparametrik