KONSEP DASAR SAMPLING

Image
Kenapa kita harus mengunakan sampel, kenapa tidak dilakukan sensus saja? mungkin sudah banyak pertanyaan tersebut yang kita dengar dari setiap orang/responden dari survei kita. pertimbangan kenapa mengunakan sampel adalah pertimbangan praktis -> supaya hemat waktu, biaya dan tenaga. sering kali tidak mungkin untuk melakukan pengamatan kepada seluruh populasi. manajemen proyek/survei lebih gampang. karena mudah dalam proses pengawasan dan perbaikan. sebelumnya kita harus paham terlebih dahulu konsep dan definisi dari sampling itu sendiri. Sampling adalah suatu proses yang dilakukan untuk memilih dan mengambil sampel secara benar dari suatu populasi sehingga sampel tersebut dapat mewakili populasinya. Keuntungan dari sampel Menghemat biaya dan tenaga. Mempercepat hasil survei. waktu tidak terlalu lama sehingga data tidak usang atau memperkecil perbedaan respon awal dengan respon akhir akibat suatu kejadian, gosip dan sebagainya. cakupan materi lebih besat dan dap

Konsep Dasar Statistik Deskriptif dan Inferensia Statistik

Metode statistik adalah prosedur-prosedur yang digunakan dalam pengumpulan, penyajian, analisis, dan penafsiran data. kita akan mengeompokan metode-metode statistik tersebut ke dalam dua kelompok besar, yaitu statistik deskriptif dan inferensia statistik. kita akan memahami terlebih dahulu tentang statistik deskriptif.

Definisi Statistik Deskriptif adalah metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu gugus data sehinga memberikan informasi yang berguna. perlu kita mengenti dan pahami bahwa statistik deskriptif memberikan informasi hanya mengenai data yang dipunyai dan sama sekali tidak menarik inferensia atau kesimpulan apapun tentang gugus data induknya yang lebih besar. penyusunan tabel, diagram, grafik, dan besaran-besaran lain dimajalah dan koran-koran, termasuk dalam kategori statistik deskriptif.

Definisi Inferensia Statistik, Inferensia Statistik mencakup metode yang berhubungan dengan analisis sebagian data untuk kemudian sampai pada peramalan atau penarikan kesimpulan mengenai keseluruhan gugusan data induknya.

Contoh kasus
Catatan kelulusan selama 10 tahun terakhir di suatu perguruan tinggi menunjukan bahwa 72% di antara mahasiswa baru yang masuk ke perguruan tinggi tersebut berhasil menyelesaikan studinya. nilai 72% tersebut adalah suatu statistik deskriptif. jika berdasarkan data ini kemudia anda menyimpulkan bahwa peluang Anda lulus sarjana adalah lebih dari 70%, berarti anda telah melakukan inferensia statistik yang tentu saj mempunyai sifat tidak pasti.

Generelasisasi yang berhubungan dengan inferensia statistik selalu mempunya nilai tidak pasti, karena kita mendasarkan pada informasi parsial yang diperoleh dari sebagian data. untuk memperhitungkan ketidak pastian ini, pengentahuan mengenai teori peluang wajib dikuasai.

Comments

Popular posts from this blog

KONSEP DASAR SAMPLING

Konsep Dan Definis Rumah Tangga

Statistik Nonparametrik