BLOK
PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI
- Membedakan antara sistem informasi front-office dan back-office
- Menggambarkan perbedaan kelas-kelas dari
aplikasi sistem informasi (pengolahan
transaksi, informasi manajemen, pendukung keputusan, ahli, komunikasi dan
kolaborasi, dan sistem otamatisasi kantor) dan bagaimana mereka saling
beroperasi menambah satu sama lainnya.
- Menggambarkan peran dari arsitektur
sistem informasi di dalam pengembangan sistem.
- Mengidentifikasi tiga tujuan tingkat
tinggi yang memberikan gambaran mengenai sistem informasi kepada pemilik sistem
dan pengguna sistem
- Menamai tiga gambaran yang berorientasi
tujuan untuk setipa sistem informasi.
- Mengidentifikasi tiga teknologi yang
memberikan gambaran mengenai sistem informasi kepada perancang sistem dan
pembangun sistem.
- Mengurai empat blok pembangunan PENGETAHUAN
untuk sistem informasi.
- Mengurai empat tujuan blok pembangunan PROSES
untuk sistem informasi.
- Mengurai
empat tujuan blok pembangunan KOMUNIKASI untuk sistem informasi.
- Mengambarkan peran dari teknologi
jaringan sebagaimana menghubungkan dengan blok pembangunan pengetahuan, proses
dan komunikasi.
1. SISTEM
INFORMASI KANTOR DEPAN (FRONT-OFFICE) DAN BELAKANG (BACK-OFFICE).
i. Sistem
informasi kantor depan mendukung funsi bisnis yang meluas
kepada pelanggan organisasi (konstituante)
· Pemasaran.
· Penjualan.
· Manajement
pelanggan.
ii. Sistem
informasi kantor belakang mendukung operasi bisnis internal
sebuah perusahaan, yang menjangkau pada pemasok (dari bahan, peralatan,
persediaan dan jasa)
· Sumber
daya manusia.
· Manajemen
keuangan.
· Produksi.
· Control
persediaan.
2.
APLIKASI-APLIKASI
SISTEM INFORMASI
i. Sistem
pengolahan transaksi (TPS) adalah sebuah sistem informasi
yang menangkap dan mengolah data transaksi bisinis.
ii. Manajement
informasi manajemen (MIS) adalah sebuah sistem informasi
yang menyediakan laporan kepada manajement berdasarkan pengolahan transaksi dan
operasi dari perusahaan.
iii. Sistem
pendukung keputusan (DSS) adalah sistem informasi yang salah
satunya membantu mengidentifikasi peluang pembuatan keputusan atau menyediakan
informasi guna membantu membuat keputusan.
iv. Sistem
informasi eksekutif (EIS) adalah sebuah sistem informasi
yang dirancang untuk menejer kelas atas yang menggabungkan seluruh data dalam
organisasi menjadi indicator grafik dan control sekejap mata.
v. Sistem
ahli
adalah sebuah sistem informasi yang menangkap keahlian pekerja, kemudian
mensimulasikan keahlian tersebut demi kebaikan yang tidak ahli.
vi. Sistem
komunikasi dan kolaborasi adalah sebuah sistem informasi
yang memungkinkan adanya komunikasi efektof antara para pekerja, rekan,
pelanggan dan pemasok guna meningkatkan kemampuan mereka untuk berkolaborasi.
vii. Sistem
otomatisasi kantor adalah sistem informasi yang mendukung
aktivitas bisnis berjarak luas yang memberikan peningkatan arus kerja diantara
pekerja.
3.
ARSITEKTUR
SISTEM INFORMASI
i. Arsitektur
sistem informasi adalah sebuah kerangka pemersatu yang
mana menjadikan bermacam stakeholder dengan perspektif yang berbeda mampu
melihat dan mengorganisir dasar blok pembangunan sistem informasi
4.
FOCUS-FOKUS
SISTEM INFORMASI
i. Pengetahuan à
bahan dasar yang digunakan untuk menciptakan informasi yang berguna.
ii. Proses à
aktivitas-aktivitas (temasuk manajemen) yang membawa misi dari bisnis.
iii. Komunikasi à
bagaimana sistem menghubungkan dengan para pengunanya dan sistem informasi yang
lain.
5.
TUJUAN
PENGETAHUAN
i.
Tinjauan
pemilik sistem
· Ketertarikan
bukan pada data mentah tetapi pada informasi yang menambahkan pengetahuan
bisnis baru dan informasi yang membantu manajer membuat keputusan cerdas.
· Entitas-entitas
bisnis dan peraturan-peraturan bisnis.
ii.
Tijauan
penguna sistem
· Melihat
data sebagai suatu yang dicatat di atas formulir, disimpan di dalam lemari
arsip, diacatat di dalam buku dan binder, diatur ke dalam spreadsheet, atau
disimpan di dalam arsip computer dan database.
· Cendrung
untuk focus pada isu-isu bisnis sebagaimana mereka termasuk pada data.
· Kebutuhan
data à gambaran data
pengguna dalam kaitan dengan entitas, atribut, hubungan dan peraturan
independensi teknologi data.
iii.
Tinjauan
perancang sistem
· Struktur
data, skema basis data, dasar indeks, dan batasan-batasan dari sistem manajemen
basis data khusus (DBMS).
iv.
Tinjauan
pembangun sistem
· SQL
· DBMS
atau teknologi data yang lain.
6.
TINJAUAN
PROSES
i. Tinjauan pemilik sistem
· Berkaitan dengan proses tingkat tinggi yang disebut fungsi bisnis.
· Fungsi bisnis à sekelompok proses terkait yang mendukung bisnis. Fungsi-funsi dapat diuraikan ke dalam subfungsi-subfungsi lainnya dan pada akhirnya menjadi proses yang melahkukan tugas-tugas tertentu.
· Lintas fungsional sistem informasi à sebuah sistem yang mendukung proses bisnis relevan dari beberapa fungsi bisnis tanpa memandang batasa-batasan organisasi tradisional seperti divisi, departemen, pusat, dan kantor.
ii. Tinjauan pengguna sistem
· Berkaitan dengan pekerjaan yang harus dilahkukan untuk memberikan respon yang tepat untuk kegiatan bisnis.
· Proses bisnis à aktivitas yang merespon pada kegiatan bisnis.
· Persyaratan proses à ekspektasi pengguna akan persyaratan pemprosesan untuk proses bisnis dan sistem informasinya.
· Kebijakan à serangkaian aturan yang mengatur proses bisnis.
· Prosedur à serangkaian tahapan instruksi dan logika untuk menyelesaikan proses bisnis.
· Alur kerja à arus transaksi melalui proses bisnis untuk memeastikan pemeriksaan yang tepat dan persetujuan yang diimplementasikan.
iii. Tinjauan perancang sistem
· Berkaitan dengan proses-proses mana yang otomatis dan bagaimana mengotomatisasinya.
· Terkendala oleh keterbatasan teknologi pengembangan aplikasi yang digunakan.
· Spesifikasi perangkat lunak à perancangan teknisi dari proses bisnis untuk otomatisasi atau didukung oleh program computer yang akan ditulis oleh pembangunan sistem.
iv. Tinjauan pembangunan sistem
· Berkaitan dengan logika pemograman yang mengimplementasikan proses otomatis.
· Program aplikasi à berbasis bahasa, representasi yang dapat dibaca oleh mesin dari pada yang seharusnya dilahkukan proses perangkat lunak, atau bagaimana proses perangkat lunak seharusnya menyekesaikan tugasnya.
· Pembuatan prototype à suatu teknik untuk membangun fungsi secara tepat, tetapi model yang tidak lengkap dari sistem informasi yang mengunakan alat pengembangan aplikasi cepat.
7. TINJAUAN KOMUNIKASI
i. Tinjauan pemilik sistem
· Berkatitan dengan lingkup komunikasi dari suatu sistem informasi.
§ Siapa (yang mana unit-unit bisnis, karyawan, pelanggan, dan rekan) harus berinteraksi dengan sistem?
§ Di mana unit-unit bisnis, karyawan, pelanggan dan rekan ini berada?
§ Apakah sistem informasi lainnya yang mana sistem harus berinteraksi?
ii. Tinjauan pengguna sistem
· Berkaitan dengan input dan output sistem informasi.
iii. Tinjauan perancang sistem
· Berkaitan dengan perancangan teknis dari antarmuka komunikasi baik penguna dan sistem ke sistem.
· Spesifikasi antarmuka à perancangan taknik yang mendokumen bagaimana penguna sistem berinteraksi dengan sistem dan bagaimana sistem beri nteraksi dengan sistem lain.
· Dialog pengguna à spesifikasi tentang bagaimana pengguna berpindah dari suatu jendela ke jendela atau halaman ke halaman berinteraksi dengan program aplikasi untuk melahkukan pekerjaan yang berguna.
iv. Tinjauan pembangun sistem
· Berkaitan dengan konstruksi , instalasi, pengujian dan implementasi solusi antarmuka dari penguna dan sistem ke sistem.
· Middleware à kegunaan perangkat lunak yang memungkinkan aplikasi perangkat lunak dan perangkat lunak sistem yang memamfaatkan teknologi yang berbeda untuk beroperasi.
Semoga Bermanfaat :)
Comments
Post a Comment