KONSEP DASAR SAMPLING

Image
Kenapa kita harus mengunakan sampel, kenapa tidak dilakukan sensus saja? mungkin sudah banyak pertanyaan tersebut yang kita dengar dari setiap orang/responden dari survei kita. pertimbangan kenapa mengunakan sampel adalah pertimbangan praktis -> supaya hemat waktu, biaya dan tenaga. sering kali tidak mungkin untuk melakukan pengamatan kepada seluruh populasi. manajemen proyek/survei lebih gampang. karena mudah dalam proses pengawasan dan perbaikan. sebelumnya kita harus paham terlebih dahulu konsep dan definisi dari sampling itu sendiri. Sampling adalah suatu proses yang dilakukan untuk memilih dan mengambil sampel secara benar dari suatu populasi sehingga sampel tersebut dapat mewakili populasinya. Keuntungan dari sampel Menghemat biaya dan tenaga. Mempercepat hasil survei. waktu tidak terlalu lama sehingga data tidak usang atau memperkecil perbedaan respon awal dengan respon akhir akibat suatu kejadian, gosip dan sebagainya. cakupan materi lebih besat dan dap

Materi Survei

cara mendapatkan informasi
  1. interview / wawancara
  2. pos/telephone survey
  3. self enumeration / mengisi sendiri
  4. observasi
keuntungan  interview / wawancara
  • bisa memilih petugas yang kulified
  • sifat responden bisa diketahui
  • penjelasan bisa lebih rinci
  • petugas dapat dilatih terlebih dahulu.
kelemahannya:
  • biaya mahal
  • petugas bisa mempengaruhi jawaban responden (respons biased)
  • adanya bias wawancara
keuntungan  pos/telephone survey
  • biaya murah
  • tidak ada bias wawancara
kelemahannya :
  • penjelasan rinci tidak dapat dilahkukan
  • sifat responden tidak dapat dilahkukan
  • tidak melahkukan pendekatan, sehinga non respon besar
  • salah isian susah di control
  • waktu tidak terkontrol
 kelemahan self enumeration / mengisi sendiri
  • interpretasi isian tergantung responden
  • penjelasan rinci sulit
 penentuan variabel dan daftar isian
variabel sangat erat kaitannya dengan daftar isian oleh sebab itu perlu dikaji tahapan berikut :
1. menentukan peubah bebas dan tak bebas
2. memikirkan bagaimana kira-kira susunan dan tataletak pertanyaan
3. menentukan periode referensi atau kurun waktu pertanyaan
4. menetukan periode survei
5. mendisain daftar isian dan pedomannya

ada 10 pertanyaan yang perlu dijawab
1. apakah objek dan tujuan sudah jelas
2. apakah desain sudah cocok dengan objek dan tujuan
3. apakah sudah ada teori yang mendukung
4. apakah survei benar-benar bermamfaat
5. apak survei lebih mengarah ke longitudinal arau crossectional
6. apakah diperlukan revisit atau reinterview
7. apakah lokasi waktu dan biaya yang ditentukan sudah optimal
8. apakah gambaran umum dari pelaksanaan sampai diseminasi sudah jelas
9. apakah ada kendala yang mungkin dihadapi
10. apakah dana mencukupi

Comments

Popular posts from this blog

KONSEP DASAR SAMPLING

Konsep Dan Definis Rumah Tangga

Statistik Nonparametrik